Jumat, 09 November 2012

MODUL 3. PENGENALAN MACAM – MACAM OPERATOR


·         Prosedur  merupakan suatu loop yang melakukan proses tertentu tanpa adanya pengembalian nilai.

·         Function adalah suatu loop yang melakukan proses tertentu yang menghasilkan nilai pengembalian.

·         Procedure dan function sebenarnya adalah suatu Modul yang sama, yang membedakan keduannya adalah nilai pengembaliannya, pada Procedure, kita tidak akan mendapatkan nilai pengembalian, sedangkan pada function kita akan mendapatkan nilai pengembalian.

·         Jika suatu parameter dideklarasikan sebagai ByVal maka nilai parameter tersebut adalah copy-an nilai / salinan dari method pemanggilnya. Jadi ketika parameter tersebut diubah pada method sub / function, ia tidak akan berpengaruh pada nilai di pemanggilnya / hanya berubah didalam sub / functionnya sendiri.

Maka kebalikannya terjadi jika anda menggunakan ByRef, dengan ByRef maka parameter akan menggunakan nilai dan objek yang sama dengan pemanggilnya (mereferensi ke objek di pemanggilnya). Jadi jika nilai parameternya berubah di dalam sub / function tersebut maka perubahan juga terjadi di method pemanggilnya.

·         Operator  perbandingan adalah operator yang digunakan untuk mencari atau mendapatkan suatu logika dari suatu perbandingan dua data (ekspresi) atau lebih yang memilikitipe yang sama, jenis – jenis operator perbandingan adalah operator sama dengan, operator lebih besar dari, operator lebih kecil dari, operator tidak sama dengan, dll

·        
     Operator percabangan Adalah sebuah operator kondisi yang digunakan untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam pengambilan hasil dari suatu program yang sedang berjalan. Jenis operator percabangan adalah If.... then dan SELECT CASE.

·      
        Operator perulangan adalah suatu operator kondisi yang digunakan pada saat programer ingin melakukan suatu perintah yang sama dalam suatu aplikasi tanpa harus mengulang perintah yang pertama. Jenis operator perulangan adalah Do While .....loop ,  Do Until ...... Loop , While ...... Wend, For ... Next.

0 komentar:

Posting Komentar